1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

Total Biaya Bekerja Ke Kapal Pesiar Yang Harus Disiapkan

Biaya bekerja di kapal pesiar - Trend bekerja ke luar negeri semakin digarungi oleh muda - mudi di tanah air. Kenapa bisa begitu, karena kurs mata uang di luar negeri jauh lebih mahal ketimbang kursm ata uang rupiah kita. 

Bekerja di luar negeri selama 1 tahun sama dengan kita bekerja di dalam negeri selama 5 tahun. Hal tersebutlah yang membuat para pekerja indonesia lebih memilih bekerja ke luar negeri khususnya ke kapal pesiar.

Melamar kerja ke kapal pesiar tidaklah sulit. Yang kamu perlu siapkan adalah mental yang kuat dan modal diawal. Modal diawal maksudnya adalah modal untuk mengurus berkas - berkas maupun dokumen penting yang nantinya digunakan untuk proses berangkat ke kapal pesiar tujuan.

Berapa sih modal awal yang harus dikeluarkan untuk bisa bekerja ke kapal pesiar?. Berikut ini rincian dan rangkuman total biaya bekerja ke kapal pesiar yang harus kamu keluarkan. Silahkan disimak baik - baik.

Total Biaya Bekerja Ke Kapal Pesiar

Total biaya ini adalah semua berkas - berkas penting yang wajib kamu miliki jika ingin berangkat ke kapal pesiar.

1. Surat Kelakuan Baik Dari Polda

Surat kelakuan baik ini wajib kamu miliki karena perusahaan kapal pesiar menginginkan pegawai atau crew yang bebas dari kasus - kasus kriminal. Serta saat kamu ingin membuat Visa, wajib kamu sertakan surat kelakuan baik ini. Biaya untuk membuat surat kelakuan baik ini adalah sebesar Rp. 35.000 di seluruh polda yang ada di indonesia.

2. Surat Keterangan Sehat

Surat keterangan sehat wajib kamu miliki pertama, karena beberapa syarat pembuatan dokumen harus menyertakan surat keterangan sehat. Untuk harga surat keterangan sehat ini sebesar Rp. 200.000 di rumah sakit kapal pesiar yang ditunjuk. 

3. Basic Safety Training (BST)

BST atau basic safety training sangat wajib kamu miliki, tanpa sertifikat BST kamu tidak akan bisa bekerja di kapal pesiar. Untuk diklat BST dilaksanakan selama 7 hari dan biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 1.600.000. Setelah menjalani diklat, sertifikat bisa kamu ambil setelah 2 minggu.

3. Security Awarness Training (SAT)

SAT atau security awarness training sebenarnya pilihan untuk kamu. Jika kamu tidak mempunyai sertifikat ini dari rumah, maka kamu akan diberikan training langsung oleh safety officer saat kamu bekerja di kapal pesiar dan kamu juga akan mendapatkan sertifikat SAT langsung dari kapal pesiar tempat kamu bekerja secara gratis. 

Beberapa perusahaan juga mengharuskan mempunyai sertifikat SAT dari rumah. Jadi tergantung perusahaan tempat kamu akan bekerja. Untuk biaya diklat SAT sebesar Rp. 1.000.000 dan dilaksanakan selama 3 Hari.

4. Seaman Book

Kartu seaman book baru bisa kamu buat jika sudah memiliki sertifikat BST. Proses pembuatan seaman book baru membutuhkan waktu paling lama 1 minggu di kantor Syahbandar terdekat dari kota kamu. Biaya pembuatan seaman book baru sebesar Rp. 100.000 dan perpanjang sebesar Rp.10.000.

5. Paspor

Proses pembuatan paspor memakan waktu selama 3 hari kerja dan biaya yang harus kamu keluarkan sebesar Rp. 350.000.

6. Visa

Proses pembuatan visa baru bisa kamu kerjakan jika kamu sudah mempunyai kontrak kerja dari kapal pesiar. Jika belum maka permohonan visa kamu bakal ditolak oleh kantor embassy. Proses pembuatan visa biasanya memakan waktu paling lama 2 minggu dan biaya pembiatan visa paling mahal sebesar Rp.2.400.000.

7. Medical

Proses medikal bisa kamu proses melalui rumah sakit yang sudah ditunjuk oleh perusahaan kapal pesiar. Proses medikal biasanya memakan waktu 2 - 4 jam dan hasilnya bisa kamu dapatkan setelah 24 jam. Untuk biaya proses medikal sebesar Rp. 2.900.000.

8. Biaya Lain - Lain

Biaya lain - lain yang dimaksud adalah biaya ongkos bensin pulang pergi, tiket pesawat dan penginapan saat akan membuat visa dll. Biaya lain - lain ini kamu keluarkan kurang lebih Rp. 5.000.000.

9. Tiket Pesawat Kapal Pesiar

Beberapa perusahaan kapal pesiar seperti Royal Caribbean, Celebrity X Cruise, Virgin Voyages, CArnival Cruise Line dll sudah meng-gratiskan tiket pesawat saat akan mau join ke kapal pesiar. Namun beberapa perusahaan kapal pesiar masih mematok harga tiket untuk teman - teman yang akan join ke kapal pesiar. Biasanya harga tiket tergantung dari negara mana yang akan kita tuju. harga tiket ini dikisaran Rp. 6.000.000 - Rp.23.000.000.

Harga biaya pengurusan dokumen diatas adalah harga standar dari pemerintah. Jika kamu memilih menggunakan calo untuk proses pembuatan dokumen tentunya akan sedikit lebih mahal dari harga aslinya. 

Jadi total biaya yang harus kamu keluarkan untuk bisa berangkat ke kapal pesiar adalah kisaran Rp. 25.000.000 - Rp. 40.000.000. Biaya yang paling mahal adalah harga tiket pesawat menuju ke amerika serikat dengan harga diatas Rp. 20.000.000.

Semoga informasi mengenai tital biaya bekerja ke kapal pesiar ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin bekerja ke luar negeri. Jika ada pertanyaan mengenai total biaya bekerja ke kapal pesiar yang harus dikeluarkan, silahkan tulis langsung di kolom komentar.

Post a Comment

Post a Comment